Home » , » 10 Khasiat Dan Manfaat Tanaman Ekor Kucing Bagi Kesehatan

10 Khasiat Dan Manfaat Tanaman Ekor Kucing Bagi Kesehatan


Ragamkhasiatku - Tanaman ekor kucing pada umumnya sebagai tanaman hias,dan perlu anda ketahui bahwa tanaman yang berasal dari hindia barat tersebut. Merupakan salah satu tanaman yang memiliki kriteria bentuk kelopak bunganya yang mirip seperti ekor kucing. 

Tanaman yang memiliki nama latin Acalypha hispida Burm.F), ternyata memiliki beberapa ragam manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya bunganya, akan tetapi khasiat lain juga terdapat pada daun yang bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk kesehatan tubuh anda.

Berikut ini kami akan menjabarkan beberapa manfaat dan khasiat tanaman ekor kucing bagi kesehatan.

1. Mengobati Muntah Darah
Khasiat tanaman ekor kucing pertama, yaitu dapat mengobati muntah darah,seperti yang anda ketahui bahwa muntah darah diakibatkan karena naiknya asam lambung ke kerongkangan. Dan cara mengobatinya yaitu :
a. Ambil bunga eko kucing secukupnya.
b. Sediakan pinang putih
c. Tambah sedikit jahe
d. Kencur
e. Daun pulai ( masih muda )
f. Tahap terakhir kuyah semua bahan diatas, dan lakukan proses pengobatan tersebut sepanjang hari.
Adapun cara lain dalam pengobatan menggunakan tanaman ekor kucing yaitu dengan mengambil bunga ekor kucing ditambah gula merah, kemudian di lumat.

2. Mengobati Vetiligo
Vetiligo merupakan penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit. Yang akan mengganggu penampilan anda di tempat umum, dan penyakit tersebut kini bisa anda obati dengan menggunakan daun ekor kucing, tahap pertama :
a. Sediakan daun ekor kucing secukupnya
b. Kencur 1/2 ruas ibu jari
c. Kemudian haluskan, lalu bubuhkan pada kulit yang berbecak putih dengan menggunakan perban.

3. Mengobati Disentri
Khasiat lain dari bunga ekor kucing dapat mengobati penyakit disentri atau infeksi saluran usu yang mengakibatkan diare parah yang disertai oleh keluarnya darah dan lendir. Rebus 20 gram bunga ekor kucing.dengan segelas air sampai mendidih. Konsumsi ramuan tersebut sampai penyakit disentri sembuh.

4. Mengobati Radang Usus
Cara pengobatannya yaitu sediakan 20 gram bunga ekor kucing cuci sampai bersih.Kemudian rebus dengan takaran air satu gelas sampai mendidih. Setelah itu saring air rebusan tadi,dan tunggu sampai dingin.Konsumsilah secara rutin sampai penyaktinya reda.

5.  Mengobati Penyakit Kusta
Manfaat lain dari daun ekor kucing yaitu dapat mengobati penyakit kusta, penyakit yang bisa menyerang sistem saraf perifer, kulit, dan selaput lendir pada saluran penapasan atas. Penyakit tersebut dapat menyerang siapa pun, kini anda tidak perlu khawatir bagaimana cara menyembuhkannya. Kini anda bisa menggunakan pengobatan herbal dengan menggunakan daun ekor kucing.Berikut ini tahapan pengobatannya.
a. Ambil daun ekor kucing secukupnya, kemudian cuci sampai bersih.
b. Lalu tambahkan kencur secukupnya.
c. campurkan kedua bahan tersebut lalau tumbuh sampai halus.lalu oleskan pada bagian badan yang luka.

6. Mengobati Cacingan
Cacingan adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja,baik dari yang muda sampai yang tua. Penyakit yang diakibatkan oleh parasit yang menyerang manusia pada umumnya. Kini bisa anda obati dengan menggunakan metode pengobatan herbal ekor kucing, dengan cara ambil untai bunga 10-30 gram yang sudah dibersihkan. Kemudian rebus dan minum setiap hari.

7.  Mengobati Luka Berdarah
Adapun kandungan zat lain pada tumbuhan ekor kucing, yang dapat menyembuhkan luka berdarah.
Langkahnya selanjutnya ambil segenggam daun segar secukupnya,kemudian tumbuk sampai halus. Lalu tempelkan pada bagian tubuh yang luka.

Adapun Manfaat Dan Khasiat lain dari tumbuhan eko kucing seperti :
8. Mengobati Mimisan
9. Mengobati Tukak (Ulkus) pada kaki
10. Mengobati Sariawan

Itulah manfaat dan khasiat dari tumbuhan ekor kucing,mulai dari daun sampai bunga yang sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan.Semoga artikel kali ini, bisa menambah wawasan anda.Selamat mencoba

Dapatkan Artikel terbaru dari Situs ini melalui e-mail Anda.

Author : moba game Terimakasih telah berkunjung

Artikel 10 Khasiat Dan Manfaat Tanaman Ekor Kucing Bagi Kesehatan , diterbitkan oleh moba game pada hari Rabu, 04 Oktober 2017. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. moba game adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar