Home » , » 12 Ragam Khasiat Dan Manfaat Bakung Untuk Kesehatan

12 Ragam Khasiat Dan Manfaat Bakung Untuk Kesehatan

RagamKhasiatku - Tanaman bakung merupakan bagian dari genus Lilium, nama tanaman ini dalam bahasa Inggris adalah lily. Ada sekitar 100 suku dalam keluarga bakung. Tanaman ini bisa menyesuaikan diri dengan habitat hutan, pegunungan, atau di rerumputan.

Bakung memiliki tangkai kokoh dan kebanyakan bakung membentuk umbi polos di bawah tanah. Bunga bakung besar memiliki 3 daun bunga, dan sering kali wangi. Terdapat beberapa warna seperti kuning, jingga, merah mudah, ungu, dan lainnya. Bisa bercorak atau bintik-bintik.

Ragam Khasiat Bunga Bakung Untuk Kesehatan

Nama daerah bakung :

  1. bokong (Batak)
  2. bakung bug (Makasar)
  3. dausa (Ambon)
  4. pete (Halmahera)
  5. bakung (Jawa, Sunda)
  6. bakong (Melayu , Madura)
Bunga bakung memiliki manfaat yang berguna untuk kesehatan. Bagian yang bisa dimanfaatkan dari bunga bakung adalah umbi, daun, akar. Hampir semuanya bisa dimanfaatkan.

Pemakain umbi bakung perlu diperhatikan , harus sangat hati-hati karena beracun. Keracunan ditandai dengan diare hebat, denyut nadi cepat, pernafasan tidak teratur, dan panas tinggi.

Bakung memiliki kandungan kimia seperti :

  1. flavonoid
  2. saponin
  3. tamin
  4. likorin
  5. krinin
  6. asetikorin

Manfaat bakung :

1. Mengobati bengkak di tangan dan dikaki
Caranya panaskan daun bakung di atas api yang telah diolesi dengan minyak kelapa. biarkan daun layu. Tempelkan pad bagian yang bengkak.

2. Mengobati borokan
Bakung bisa digunakan untuk mengobati luka borok. Bisa dengan cara menumbuk daun bakung segar, peras airnya dan usapkan pada borok. Atau cara selanjutnya menggunakan umbi bakung yaitu dengan cara di iris kemudian dipanaskan dengan api kecil selama kurang lebih 2 menit.

3. Mengobati luka terkena panah beracun
Akar bakung bermanfaat sebagai obat penetral racun dikulit. Caranya dengan kuyah akar bakung secukupnya dan airnya ditelan. Jangan makan ampasnya, tapi tempelkan pada bagian yang terkena luka racun

4. Peluruh keringat
Bau keringat sering kali menggangu. Jika memiliki masalah pada bau keringat, cobalah dengan cara menggunakan akar bakung. Caranya cuci, potong dan rebus bersama 2 gelas air bersih sekitar 20 menit. Saring. Minum airnya di pagi dan malam.

5. Mengobati nyeri pinggang
Campurkan jahe merah dengan bakung, haluskan kedua bahan, serta oleskan pada pinggang yang nyeri.

6. Mengatasi memar
Caranya yaitu panaskan bakung di atas api kecil, yang diolesi dengan minyak kelapa sebelumnya. Biarkan daun layu, tempelkan pada bagian yang memar.

7. Peluruh kencing
Atau sering kita sebut sebagai anyang-anyangan. Daun bakung bisa digunakan sebagai peluruh kemih. Caranya mudah, cukup tumbuk daun bakung, dan beri minyak secukupnya. Tempelkan daun ini pada area kandung kemih

8. Mengatasi rematik
Panaskan daun bakung dengan api kecil, oleskan minyak wijen pada daun bakung ini. Dan aplikasikan pada tubuh yang merasa nyeri.

9. Mengatasi pembengkakan kelenjar pada limpa pada selangkak dan ketiak
Tumbuk daun bakung dengan bawang merah hingga lumat. Tempelkan pada bagian yang bermasalah.

10. Obat sakit gigi
Akar bakung dibersihkan dan ditumbuk dengan 3 kelopak bunga bakung hingga halus, tempelkan pada bagian yang sakit.

11. Peluruh muntah
Bunga bakung bisa digunakan juga sebagai pembersih, penyedot dan penarik yang kuat. Bisa di minum airnya untuk peluruh muntah.

12. Mengobati pilek
Putih dari bungan bakung bisa digunakan untuk mengobati pilek  dading otakin, mampu membuka sumbatan otak dan hidung.

Banyak sekali manfaat dari bakung untuk kesehatan. Itulah 12 manfaat bakung untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Dapatkan Artikel terbaru dari Situs ini melalui e-mail Anda.

Author : Sifatul Nurani Terimakasih telah berkunjung

Artikel 12 Ragam Khasiat Dan Manfaat Bakung Untuk Kesehatan, diterbitkan oleh Sifatul Nurani pada hari Senin, 25 September 2017. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Sifatul Nurani adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar