Home » , » 21 Ragam Khasiat Dan Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

21 Ragam Khasiat Dan Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

RagamKhasiatku - Mentimun sangat umum dikalangan warna Indonesia. Segar, bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia. 

Kandungan air dalam mentimun cukup tinggi. Mentimun setengah merambat dan merupakan tanaman semusim, maksudnya adalah setelah berbunga dan berbuah akan mati. Buah segar ini bisa meredam panas karena sifatnya yang menyejukkan.

Mentimun bisa di konsumsi saat buah mentah, bisa di rebus, dikukus dan juga di sayur. Rasanya sangat segar terlebih buah timun yang baru di petik, dan tidak layu.


20 Ragam Khasiat Dan Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan
Ketimun dibudidayakan dimana-mana, baik diladang, halaman rumah, atau dirumah kaca. Tanaman ini tidak tahan dengan hujan yang terus menerus. Bisa membusuk dan mati. Untuk budidaya mentimun bisa dilakukan dengan cara menanam biji.

Hampir semua bagian dari mentimun bisa dimanfaatkan seperti buah, biji, bahkan daunnya. Daun muda dan tangkai muda mentimun bisa dilalap mentah dan juga dikukus. Banyak jenis mentimun yang biasa kita temui dipasar seperti mentimun biasa, mentimun poan, mentimun watang serta mentimun krai

Kandungan Kimia mentimun :

  1. Protein
  2. Lemak
  3. Karbohidrat
  4. Magnesium
  5. Kalsium
  6. Zat besi
  7. Fosfor
  8. Zat besi
  9. Vitamin A
  10. Vitamin B1
  11. Vitamin B2
  12. Vitamin C
  13. Saponin
  14. Flavonoida
  15. Polifenol
  16. Asam Malonat
  17. Vitamin E
  18. kukurbitasin C

Manfaat Mentimun :

1. Mengobati sakit pada tenggorokan dan batuk
Untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk, bisa menggunakan timun. Carnaya sangat mudah , dengan cara menggunakan biji timun , kemudian di campur dengan garam, nantinya campuran ini digunakan untuk berkumur. Cara seperti ini bisa untuk mengobati sakit pada tenggorokan

2. Menyembuhkan penyakit pening
Penyakit pening jika dibiakan bisa menyebabkan berat badan turun. Keadaan yang demikian bisa di atasi dengan cara mengkonsumsi timun mentah atau di masak. Bisa juga mencegah penyakit disentri.

3. Menghambat penuaan
Biji mentimun mengandung banyak vitamin E untuk menghambat penuaan dan menghilangkan keriput.

4. Mengurangi berat badan
Timun mengandung flavonoid dan polifenol sehingga antiradang serta mengandung asam malonat yang berfungsi menekan gula agar tidak berubah menjadi lemak, yang baik untuk mengurangi berat badan.

5. Menurunkan kolesterol
Kandungan serat yang tinggi berguna untuk melancarkan buang air besar.

6. Menetralkan racun
Serat yang ada dalam timun mampu menetralkan racun dalam tubuh.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kurkubitsin C dalam timun berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit hepatitis.

8. Mengobati sariawan
Mentimun mampu meredakan sariawan. Tapi ingat, jangan disertai dengan terasi atau rujak lain karena justru akan membuat mulut terasa terbakar

9. Melancarkan air seni
Mentimun yang dijus dan di minum bisa melancarkan air seni.

10. Mengatasi demam
Dengan cara timun di parut, dan di kompreskan pada orang yang terkena demam.

11. Mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari
Banyak produk kecantikan yang menggunakan timun sebagai bahan. Hal ini dikarenakan mentimun kaya akan silikon dan rendah kalori dapat mengatasi kulit yang terbakar karena sinar matahari. Bisa juga digunakan untuk mengatasi gatal karena gigitan serangga.

12. Baik untuk gigi dan gusi
Mengunyah mentimun bisa merangsang kelenjar air liur untuk memproduksi lebih banyak dan dapat menggurangi asam pada rongga mulut akibat bakteri. Penyakit gusi lainnya bisa disembuhkan dengan mentimun

13. Membantu menyembuhkan gejala rematik dan asam urat
Vitamin dan magnesium yang terdapat pada mentimun bisa membantu menyembuhkan gelaja rematik dan asam urat. Dengan cara di jus

14. Melindungi otak
flavanol dalam timun memiliki manfaat untuk penigkatan memori dan melindungi sel sel saraf. 

15. Kaya akan aktioksidan
Timun mengandung antioksidan yang tinggi dan kaya akan manfaat untuk tubuh dan kesehatan. Dengan adanya antioksidan dalam timun, bisa mengantisipasi pertumbuhan kanker. Selain itu juga bisa membantu mengurangi resiko penyakit kronis.

16. Menjaga asupan air bagi tubuh
96% dari timun adalah air. Air ini jauh lebih baik dibanding air biasa. Mengkonsumi mentimun bisa menghindarkan diri dari dehidrasi dan membantu menetralkan racun dalam tubuh

17. Menyehatkan jantung
Kandungan nutrisi dalam jus timun yaitu kalium, magnesium, dan serat sangat bik untuk penderita darah tinggi maupun darah rendah. Keseimbangan kalium di dalam maupun di luar sangat penting bagi tubuh. 

18. Mengurangi lingkaran hitam pada mata
Zat silika pada timun sangat baik untuk kecantikan. Salah satunya untuk mengurangi lingkaran hitam pada mata.

19. Mengurangi bintik hitam
Dengan menggunakan parutan mentimun. Baluri ke daerah wajah dan leher. Dipercaya mampu mengurangi bintik hitam akibat paparan matahari. Mentimun sebagai toksin alami.

20. Mencegah kerutan pada kulit
Manfaat timun untuk kecantikan berikutnya adalah memberikan rasa kesegaran yang alami bagi kulit. Mentimun juga baik untuk membersihkan wajah dan melembabkan.

21. Mengobati cacingan pada anak
Biji mentimun mengandung racun yaitu alkoloid jenis hipoxanti. Racun ini berfungsi untuk mengobati anak yang menderita cacingan.

Itulah 21 manfaat mentimun untuk kesehatan serta beberapa manfaat dan khasiat mentimun untuk kecantikan. Semoga bermanfaat.

Dapatkan Artikel terbaru dari Situs ini melalui e-mail Anda.

Author : Sifatul Nurani Terimakasih telah berkunjung

Artikel 21 Ragam Khasiat Dan Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan, diterbitkan oleh Sifatul Nurani pada hari Senin, 25 September 2017. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Sifatul Nurani adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar