Home » , » 23 Ragam Khasiat Dan Manfaat Fenugreek Untuk Kesehatan

23 Ragam Khasiat Dan Manfaat Fenugreek Untuk Kesehatan

RagamKhasiatku – biji fenugreek atau hulbah pada umumnya dijadikan bumbu kare.  Seiring berjalannya waktu, biji fenugreek dikenal memiliki beragam khasiat untuk kesahatan, dan kecantikan. Tapi sayang belum banyak masyarakat mengetahui ragam khasiat manfaat biji fenugreek.

Tumbuhan ini berasal dari daerah Mediterania sampai Cina dan merupakan tumbuhan daerah semi arid. Biji fenugreek merupakan salah satu jenis rempah yang berbentuk kecil dengan tekstur keras berwarna orange. Daun hulba digunakan untuk selengkap herbal, sedangkan bijinya sebagai rempah



Biji fenugreek atau hulbah ini sudah digunakan sebagai obat sejak jaman Nabi Muhammad SAW. Diriwayatkan dari Al-Qasim bin Abdurrahman bahwa Nabi bersada : "Berobatlah dengan menggunakan hulbah".

Kalangan medis menandaskan ,”kalau manusia mengetahui khasiatnya, pasti mereka mau membelinya meski dengan harga emas” (Al-Jauziyah, 2004: 368)

Kandungan Kimia Biji Fenugreek / Biji Hulbah :

  1. Minyak esensial
  2. Heiterpenoid a-lactone
  3. Sotolone
  4. Heterocyclic (pyrazine)
  5. Sesquiterpen
  6. Furostanol glukosida
  7. Sterol
  8. Diosenin
  9. Trigonellin

Khasiat dan Manfaat Biji Hulbah / Fenugreek Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :

1. Melembabkan bibir
Biji hulbah atau fenugreek selain digunakan sebagai bumbu kare, juga bisa direndam kemudian dibuat bubuk dan digunakan untuk melembabkan bibir dan tonik.

2. Mengurangi demam
Biji hulbah juga digunakan untuk minuman teh untuk mengurangi demam.

3. Mengurangi sakit pada saat menstruasi
Selain digunakan untuk mengurangi demam, biji hulbah saat berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi pada wanita.

4. Menyembuhkan bronchitis
Biji biasanya digunakan untuk pemberi rasa manis dan perpen. Biasaya digunakan untuk pemberi rasa pada makanan ternak, termasuk makan sayur. Untuk pengobatan dalam, hulbah digunakan untuk penyembuhan bronchitis, masalah pernafasan, kondisi sinus.

5. Meningkatkan air susu ibu
Selain digunakan untuk menyembuhkan bronchitis, biji hulbah juga dipercaya bisa meningkatkan air susu ibu. Hal ini sangat membantu ibu yang baru saja melahirkan. Hal ini dikarenakan biji hulbah mengandung hormone yang memacu peningkatan tersedianya air susu.

6. Mengontrol nafsu makan
Sebuah penelitian menunjukan bahwa fenugreek bisa mengurangi asupan lemak pada tubuh dan bisa mengurangi nafsu makan seseorang hingga 17%.

7. Efektif mengurangi kolesterol
Biji hulbah atau fenugreek sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dan triglyceride.

8. Mengobati jerawat
Tidak banyak masyarakat tahu akan khasiat biji hulbah ini. Salah satunya bisa mengobati jerawat. Caranya sangat mudah yaitu cukup hancurkan biji fenugreek dan tambahkan arir. Oleskan pada wajah yang berjerawat.

9. Mencegah penuaan kulit
Bubuk biji fenugreek juga digunakan untuk masker dengan tambahan madu dan susu hangat. Masker ini berguna untuk mencegah penuaan kulit.

10. Mencerahkan kulit
Masker biji hulbah dipercaya bisa mencerahkan kulit. Cara pemakaiannya yaitu seminggu 2 kali.

Bila direbus dengan air, khasiat biji halbah / biji hulbah / biji fenugreek maka khasiatnya sebagai :
11. Menghaluskan tenggorokan
12. Menghaluskan dada dan perut
13. Meredakan batuk
14. Meredakan radang tenggorokan
15. Mengobati asma
16. Mengobati sesak napas
17. Menambah stamina
18. Mengusir angin
19. Mengusir dahak
20. Mengusir ambeien
21. Membantu keluarnya enzim yang terdapat pada usus
22. Mengencerkan dahak
23. Mengatasi bronkus dan paru-paru

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua orang bisa mengkonsumsi hulbah, Karena hulbah dapat menyebaban gelaja asma pada beberapa wanita dan menurunkn kadar gula darah pada wanita penderita diabetes.

Dilarang mengkonsumsi biji hulbah di awal masa kehamilan. Hal ini dapat menyebabkan kontraksi rahim yang dapat menyebabkan keguguran. Tidak untuk diminum bersamaan dengan obat kimia.

Demikian informasi menarik dan lengkap mengenai ragam khasiat biji hulbah / fenugreek. Semoga bermanfaat.

Dapatkan Artikel terbaru dari Situs ini melalui e-mail Anda.

Author : Sifatul Nurani Terimakasih telah berkunjung

Artikel 23 Ragam Khasiat Dan Manfaat Fenugreek Untuk Kesehatan, diterbitkan oleh Sifatul Nurani pada hari Senin, 18 September 2017. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Sifatul Nurani adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar