Home » , » 5 Ragam Khasiat Dan Manfaat Anggur Untuk Kesehatan

5 Ragam Khasiat Dan Manfaat Anggur Untuk Kesehatan

RagamKhasiatku - Kita sangat familiar dengan buah anggur. Mudah untuk menemukan buah ini. Terdapat berbagai jenis anggur. Anggur merah dan anggur hitam merupakan anggur yang sering kita temui, di pasar maupun supermarket. Anggur merah harganya jauh lebih mahal dari anggur hitam. Rasanya pun lebih manis. Anggur hitam lebih murah, dan rasanya menyegarkan. Beberapa sumber menyebutkan bahwa anggur ini termasuk buah terbaik dan kaya akan ragam khasiat. 

Buah anggur hitam lebih kaya manfaat daripada buah anggur merah. Hal ini dikarenakan anggur hitam lebih kaya nutrisi. Buah anggur terbaik adalah buah yang memiliki banyak air, berdaging putih serta berwarna hitam. Nah tunggu apa lagi? Tapi perlu diperhatikan , untuk mengkonsumsi anggur jangan terlalu berlebihan, karena memiliki efek samping. Efek sampingnya adalah bisa membuat perut kembung. Anggur hitam memiliki nilai gizi setara dengan buah tien dan kismis.

5 Ragam Khasiat Dan Manfaat Anggur Untuk Kesehatan



Anggur adalah salah satu buah-buahan yang disebutkan sebagai raja buah : anggur, tien dan kurma. (Al-Jauziah , 2004: 414). Anggur merupakan buah dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur, dan kismis atau lebih sering dimakan langsung. Anggur banyak jenisnya seperti :
  1. Vitis vinifera,  untuk bahan minuman anggur Eropa
  2. Vitis labrusca, untuk membuat jus anggur kadangkala untuk minuman anggur
  3. Vitis riparia, anggur liar Amerika Utara
  4. Vitis rotundifolia
  5. Vitis aestivalies
  6. Vitis lincecumii

Kandungan Kimia Anggur :

  1. Saponin
  2. Flavonoid

Khasiat dan Manfaat Anggur Untuk Kesehatan :

1. Mencegah sakit akibat pengobatan kanker payudara
Anggur terbukti dapat membantu perempuan mencegah sakit akibat pengobatan kanker payudara. Para dokter di Institute of Cancer Research, London percaya antioksidan yang terkandung didalam anggur dapat melindungi tubuh dari radiasi fibrosis yaitu pengerasan jaringandi sekitar payudara akibat radioterapi.

2. Mencegah kanker payudara
Berdasarkan penelitian Shiuan Chen, PhD dari Beckman Research Institute of The City of Hope, jus anggur ditemuakn berhasil menekan pertumbuhan sel kanker dengan mencegah sintesa hormone estrogen yang berperan besar dalam perkembangan kanker payudara.

3. Mencegah jantung koroner
Anggur merah diduga mencegah penyakit jantung koroner. Hal ini dimungkinkan karena kandungan flavonoidnya. Di Prancis, jumlah penderita jantung koroner lebih kecil dibandingkan Negara Eropa lain atau Amerika, padahal meraka mengonsumsi lemak dan merokok lebih banyak serta kurang gerak. Para peneliti mengaitkannya dengan kebiasan orang Prancis yang senang mengkonsumsi anggur.

4. Mengatasi gangguan pada ginjal
Buah anggur bisa mereduksi asam di dalam ginjal sehingga tekanannya menjadi lebih normal.

5. Mengatasi masalah migraine
Mengkonsumsi jus anggur murni secara teratur dapat  mengatasi migrane dan penyakit lainnya.

Anggur merupakan buah-buahan terbaik di antara buah-buahan lainnya, makanan pokok terbaik, lauk terbaik, obat terbaik, dan minuman terbaik diantara minuman yang ada. Jus anggur merupakan minuman yang sangat bermanfaat untuk orang yang baru sembuh dari sakit.

Demikian khasiat dan manfaat buah anggur untuk kesehatan . Semoga bermanfaat.

Dapatkan Artikel terbaru dari Situs ini melalui e-mail Anda.

Author : Sifatul Nurani Terimakasih telah berkunjung

Artikel 5 Ragam Khasiat Dan Manfaat Anggur Untuk Kesehatan, diterbitkan oleh Sifatul Nurani pada hari Kamis, 28 September 2017. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Sifatul Nurani adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar