Home » , » 12 Ragam Khasiat Dan Manfaat Kemangi Untuk Kesehatan

12 Ragam Khasiat Dan Manfaat Kemangi Untuk Kesehatan

RagamKhasiatku - Banyak tumbuhan di Indonesia yang bisa dimanfaatkan sebagai obat yang baik untuk kesehatan. Namun banyak masyarakat tidak tahu mengenai hal tersebut. Salah satu tumbuhan yang berkhasiat untuk kesehatan adalah kemangi. Kemangi sangat populer di kalangan masyarkat Indonesia sebagai sayur yang memiliki aroma khas. Kemangi biasa digunakan ibu untuk memasak. Sering kita jumpai pada lalapan.

Rasa dari kemangi sendiri pedas dan sedikit pahit. Tidak semua orang menyukai daun kemangi untuk di konsumsi. Ada yang suka sebagai pelengkap hidangan saja, namun ada juga yang suka memakannya. Baik secara langsung ataupun dimasak terlebih dahulu. Jika rajin mengkonsumi daun kemangi dipercaya mampu menghilangkan bau badan yang kurang sedap.

Bagian yang sering dimanfaatkan adalah daun serta bijinya. Daunnya untuk makanan, biji kemangi diolah menjadi selasih. Bentuknya seperti telur katak. Rasanya nikmat. Namun tetap tergantung selera masing-masing. Kerap kali kita temui selasih pada es buah. Segar dinikmati di siang hari.

Ragam Khasiat Dan Manfaat Kemangi Untuk Kesehatan

Kingdom : Plantae
Subkingdom : Trachebionta
Superdivision : Spermathopyta
Division : Magnoliophyta
Class : Magnoliopyta
Subclass : Asteridae
Ordo : Lamiales
Family : Lamiceaceae
Genus : Ocium
Species : Ocium sanctum

Setiap bagian kemangi memiliki kandungan nutrisinya masing-masing. Kandungan tertinggi ada pada daun. Daun kemangi biasa disajikan bersama kubis, timun, dan sambal. Kemangi ini memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi. Sebuah penelitian menjelaskan selain memiliki antioksidan tinggi, juga memiliki antijamur, analgesik, serta antimikrobial. Berikut ini adalah kandungan gizi dalam kemagi segar.

Kandungan gizi dalam kemangi :

  1. kalori
  2. protein
  3. lemak
  4. karbohidrat
  5. kalsium
  6. fosfor
  7. besi
  8. betakaroten
  9. thimin
  10. riboflavin
  11. niasin
  12. air
  13. asam askorbat


Tidak heran jika kemangi kaya akan manfaat. Hal ini bisa dilihat dari kandungan gizi kemangi yang baik untuk tubuh. Beberapa ragam khasiat dan manfaat kemangi untuk kesehatan adalah :

1. Mencegah jerawat
Minyak dalam daun kemangi segar bisa membantu memperkecil pori-pori. Jerawat disebabkan minyak yang berlebih dan juga membesarnya pori-pori. Dengan daun kemangi, bisa diminimalisir memperkecil pori yang merupakan penyebab utama wajah berjerawat.

2. Mencegah rambut rontok secara berlebihan
Nutrisi dalam daun kemangi membantu menjaga agar kulit kelapa tetap dingin, dengan demikian bisa membantu mengurangi rontok serta rasa gatal yang berlebihan.

3. Meningkatkan sistem imun
Dalam sebuah penelitian, di jelaskan bahwa kandungan kimia dalam kemangi mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga mencapai 20%.

4. Mencegah komedo
Caranya sangat mudah, cukup tempelkan daun kemangi segar yang telah dibersihkan terlebih dahulu, kemudian tempelkan pada hidung.

5. Menguatkan tulang
Daun kemangi juga mengandung vitamin K yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang.

6. Memperlambat rambut beruban
Caranya juga sangat mudah, yaitu rendam daun kemangi yang sudah kering, kemudian masukkan dalam air. Cuci rambut dengan ramuaini ini.

7. Mengobati gangguan pada mata
Daun kemangi mengandung vitamin A yang berfungsi sebagai obat mata. Cara mengobatinya mudah. Cukup jus kemangi kemudian teteskan pada mata setiap akan tidur.

8. Menjaga kesehatan gigi dan mulut
Daun kemangi bisa dibuat dan diolah menjadi pasta gigi yang berfungsi untuk melindungi mulut dan gigi

9. Mengatasi demam
Fitonutrien berfungsi untuk menyembuhkan demam. Demam yang dimaksud adalah demam berdarah dan juga demam akibat malaria.

10. Mengatasi batuk dan pilek
Jika rajin mengkonsumsi daun kemangi dengan cara di jadikan lalapan, insyaAllah akan terhindar dari batuk dan pilek.

12. Menstabilkan gula darah
Daun kemangi terbukti untuk membantu menstabilkan gula darah. Dengan cara di konsumsi secara langsung. Yaitu dengan cara melalapnya. Bisa juga diminum sebagai teh.

Masih banyak ragam khasiat dan manfaat daun kemangi untuk kesehatan. Daun kemangi mudah ditemukan, baik dipasar, di kebun, dipekarangan rumah. Harganya juga murah terjangkau untuk semua kalangan. Dengan kondisi yang demikian seharusnya kita lebih memperhatikan daun kemangi karena kaya akan khasiat. Demikianlah ragam khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Dapatkan Artikel terbaru dari Situs ini melalui e-mail Anda.

Author : Sifatul Nurani Terimakasih telah berkunjung

Artikel 12 Ragam Khasiat Dan Manfaat Kemangi Untuk Kesehatan, diterbitkan oleh Sifatul Nurani pada hari Minggu, 01 Oktober 2017. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Sifatul Nurani adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar