Home » , » 10 Ragam Khasiat Dan Manfaat Pada Semangka Untuk Kesehatan

10 Ragam Khasiat Dan Manfaat Pada Semangka Untuk Kesehatan

Ragamkhasiatku - Semangka berasal dari daerah tropik dan subtropik yaitu Afrika. Semangka ini juga populer di Indonesia. Siapa yang tidak tahu buah yang kaya akan kandungan air. Semangka bisa ditemukan sepanjang musim, harganya terjangkau, mudah ditemukan. Buahnya manis terutama saat musim kemarau.

Semangka selain bisa dimakan juga bisa diminum sebagai jus. Jangan memakan semangka dengan gula aren. Bisa membentuk racun. Racun ini bisa menimbulkan kematian. Jadi harus sangat hati-hati. Memang terlihat sepele, namun jika dibiarkan bisa fatal.

Ragam Khasiat Dan Manfaat Pada Semangka Untuk Kesehatan

Sebenarnya buah semangka ini memiliki varietas asli yaitu merah dan berbiji. Namun seiring berkembannya jaman, banyak muncul varietas baru seperti daging berwarna kuning dan tidak berbiji. Namun belakang banyak muncul variesta baru seperti daging berwarna kuning dan tanpa biji. Semangka menjadi favorit dan populer di kalangan masyarakat karena segar , kaya manfaat serta harganya terjangkau. Berikut nama lain dari semangka seperti : 

Jawa :

  1. Semangka
  2. Semongko
  3. Watesan
  4. Ghulengghuleng

Sumatra :

  1. Mandike
  2. Karamboja
  3. Kalambosa
  4. Kamandriki

Maluku :

  1. Mendikai
  2. Semangka
  3. Pateka

Lampung :

  1. Lamuja
  2. Karamujo
  3. Ramujo
  4. Samaka

Halmahera :

  1. Samaka
  2. Hamaka
  3. Hama''a

Nama Asing :

  1. Xi gua (C)
  2. Watermelon (I)
  3. Melon D'eau
  4. Wasserkurbis
  5. Watermeloen

Kandungan Nutrisi Buah Semangka

Semangka mengandung nutrisi yang baik. Seperti rendah kalori, mengandung banyak air, protein karbohidrat, lemak, serat, dan vitamin A, B, C. Adapun beberapa kandungan zat gizi lainnya yang berperan penting dalam tubuh kita seperti :
  1. Arginin dan juga sitrulin. Kedua kandungan tersebut berperan sebagai pembentukan urea. Bisa meningkatkan keluarnya urin
  2. Kalium yang cukup tinggi dapat membantu kerja jantung dan menormalkan tekanan darah.
  3. Likopen yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan yang terkandung lebih tinggi dari Vitamin E dan Vitamin C.
  4. Kukurbositrin pada biji semangka membantu memacu kerja ginjal serta membantu menormalkan tekanan darah.

Khasiat Buah Semangka Untuk Kesehatan 

Semangka kaya nutrisi baik untuk tubuh juga bermanfaat untuk menjaga kondisi metabolisme dalam tubuh. Banyak sekali ragam manfaat dan khasiat semangka untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan semangka memiliki nutrisi lengkap. Berikut ini adalah beberapa khasiat buah semangka :

1. Mencegah Gangguan Kandung Kemih

Kombinasi air dan kalium yang cukup tinggi dalam semangka bisa digunakan untuk merangsang air seni agar lebih deras. Bisa juga untuk penyembuhan gangguan sulit kencing atau kita sering menyebutnya dengan anyang-anyagan. Selain itu, semangka bisa digunakan untuk menurunkan demam.

2. Mengencangkan Kulit

Semangka dipercaya bisa mencangkan, mencerahkan dan mengenyalkan wajah. Hal ini dikarenakan semangka memiliki kandungan likopen yang cukup tinggi sehingga bisa menangkal radikal bebas. Semangka merah lebih dianjurkan daripada semangka kuning.

3. Mencegah Berbagai Kanker
Likopen yang terkandung dalam semangka ampuh untuk melawan bibit kanker. Dengan rajin mengkonsumsi semangka setiap hari dipercaya mampu mengurangi resiko kanker seperti kanker mulut, rahim dan pankreas. Berkhasiat juga sebagai pencegah kanker usus anus, dan prostat.

4. Baik untuk diet
Asam amino citruline dalam semangka sangat baik untuk mengontrol dan mengatasi lemak dalam tubuh. Sehingga baik untuk program diet.

5. Menghaluskan dan Melembabkan kulit

Semangka mengandung vitamin A yang berfungsi untuk membuat kulit menjadi halus dan lembab tidak kering. Vitamin A pada semangka juga berkhasiat memperbaiki sistem jaringan pada rambut.

6. Mengatasi dehidrasi

Buah semangka kaya akan kandungan air bahkan sampai mencapai 93,4%. Oleh karena itu semangka merupakan buah yang berkhasiat untuk mengatasi dehidrasi. Dehidrasi jika di biarkan bisa berakibat fatal. Dehidrasi membuat kerja ginjal semakin berat. Hal ini berakibatkan lemas.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Betakaroten dan vitamin A baik untuk kesehatan mata. Semangka mengandung vitamin A dan juga betakaroten yang tinggi.

8. Mencegah Impotensi

Citruline dalam semangka bisa membantu mencegah masalah disfungsi ereksi laki-laki. Khasiat lainnya yaitu untuk meningkatkan kesuburan, mengurangi rasa lemah lesu serta meningkatkan gairah seksual.

9. Mencegah Asma
Vitamin C dalam semangka efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh salah satunya mencegah gangguan pernafasan seperti asma. 

10. Mengatasi Sembelit

Sembelit bisa di atasi dengan banyak konsumsi semangka. Hal ini dikarenakan semangga mengandung serat yang tinggi yang baik untuk membentuk gel alami dalam usus besar. Dengan demikian bisa melancarkan bab tanpa sembelit. 

Konsumsi semangka sewajarnya saja. Tidak harus banyak yang penting tepat sasaran. Konsumsi semangka yang disaranakan hanya 1/8 sampai 1/2 setiap harinya.

Itulah beberapa macam ragam manfaat dan khasiat yang terdapat pada buah semangka untuk kesehatan. Jagalah kesehatan karena sehat itu mahal. Semoga bermanfaat.

Dapatkan Artikel terbaru dari Situs ini melalui e-mail Anda.

Author : Sifatul Nurani Terimakasih telah berkunjung

Artikel 10 Ragam Khasiat Dan Manfaat Pada Semangka Untuk Kesehatan, diterbitkan oleh Sifatul Nurani pada hari Senin, 25 September 2017. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Sifatul Nurani adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar