Home » , » 10 Ragam Manfaat dan Khasiat Delima Untuk Kesehatan

10 Ragam Manfaat dan Khasiat Delima Untuk Kesehatan

RagamKhasiatku - Buah berwarna merah memang menarik perhatian , seperti delima. Memiliki bentuk buah dan biji yang khas. Biasa kita temukan delima dipekarangan rumah dengan intensitas air yang sedang. Pohon dari buah delima menyukai tanah gembur, dengan demikian delima bisa tumbuh subur, berbuah lebat dan menghasilkan buah yang baik untuk dikonsumsi. Delima merah merona ini kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Diluaran sana banyak macam-macam delima. Beberapa diantaranya adalah delima ungu, delima putih dan delima merah. Delima bisa dijadikan obat, diminum atau bahkan dimakan sebagai salad, jus dan lain sebagainnya.

Buah delima ini sering kita jumpai di daerah beriklim tropis. Banyak kandungan nutrisi dalam delima yang bisa menyembuhkan, mengobati, bahkan mencegah beberapa penyakit. Buah ini kaya akan antioksidan serta vitamin yang dipercaya bisa mempercantik kulit.

Ragam Manfaat dan Khasiat Delilma Untuk Kesehatan
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliophyta
Subkelas : Rosidae
Ordo : Myrtales
Famili : Lythraceae
Genus : Punica
Species : Punica Granatum


Kandungan Nutrisi dalam Delima :


  1. Granatin
  2. Betulic acid
  3. ursolic acid
  4. eligatanin
  5. resin
  6. kalsium oksalat
  7. pati
  8. alkohol
  9. metilpelletirine
  10. lemak
  11. sulfur
  12. alkaloid
  13. tanin


Buah delima ini sejak dahulu kala telah banyak digunakan untuk obat, yaitu untuk menyembuhkan aneka macam penyakit. Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat dalam buah delima yang sangat bermanfaat untuk kesehatan .

1. Mengobati jerawat 
Delima selain bisa dikonsumsi juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Jerawat ini muncul disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa di antaranya karena masalah pencernaan, bisa juga karena hormon yang tidak seimbang. Nah delima ini mengandung vitamin C yang sangat berguna untuk mengatasi jerawat.

2. Baik untuk kulit berminyak
Selain bisa untuk mengatasi jerawat, delima juga bisa digunakan untuk obat herbal mengatasi kulit berminyak penyebab jerawat.

3. Mengatasi gangguan pada perut
Jus buah delima baik untuk menangani gangguan pada perut. Contohnya diare.

4. Baik untuk gigi 
Manfaat selanjutnya dari buah delima ini adalah untuk merawat gigi. Delima memiliki kandungan untuk mencegah bakteri dan antivirus perusak gigi.

5. Mengatasi berbagai kanker
Delima dipercaya bisa mengatasi kanker. Kanker yang bisa di atasi adalah kanker payudara dan juga kanker prostat

6. Membantu mengatasi anemia
Manfaat yang bisa di dapat dari buah delima segar adalah bisa mengurangi gejala anemia, contohnya pusing karena kelelahan.

7. Membantu mengobati luka
Ekstrak dari buah delima sangat ampuh untuk mengobati peradangan kulit dan juga luka. Senyawa bernama polifenol memiliki sifat yang baik, yaitu sebagai penyembuhan. Dengan adanya ekstrak ini, bisa membantu mempercepat menyembuhkan luka.

8. Membantu menjaga kesehatan jantung
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika kita rutin konsumsi jus delima selama 3 bulan maka bisa membuat aliran darah ke jantung menjadi lancar. Dengan hal yang demikian bisa memperkecil resiko serangan jantung.

9. Mencerahkan kulit
Manfaat buah delima selanjutnya yaitu bisa digunakan untuk mencerahkan kulit.

10. Menuruntkan tekanan darah tinggi
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi bisa diturunkan dengan buah, salah satunya menggunakan delima. Buah delima berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Penelitian yang dilakukan di Vanderbit University Medical Center menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dalam delima jauh lebih tinggi dari teh hijau. Tidak heran jika delima ini menjadi buah yang kaya manfaat dan khasiat sekaligus saat ini termasuk langka. Nah itulah 10 manfaat delima untuk kesehatan tubuh, dan kulit. Semoga bermanfaat.

Dapatkan Artikel terbaru dari Situs ini melalui e-mail Anda.

Author : Sifatul Nurani Terimakasih telah berkunjung

Artikel 10 Ragam Manfaat dan Khasiat Delima Untuk Kesehatan, diterbitkan oleh Sifatul Nurani pada hari Kamis, 05 Oktober 2017. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Sifatul Nurani adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar