Home » , » 25 Ragam Khasiat Dan Manfaat Jamur Truffle Untuk Kesehatan

25 Ragam Khasiat Dan Manfaat Jamur Truffle Untuk Kesehatan

RagamKhasiatku – Jamur truffle merupakan jamur termahal didunia.  Hal ini disebabkan beberapa faktor seperti sulit menemukannya serta sulit dibudidaya. Jamur ini tumbuh liar di alam. Mencari jamur truffle ini bagai berburu harta karun.

Ragam khasiat dan manfaat dari jamur truffle ini sangat banyak. Penggunaan jamur truffle secara tradisional sangatlah luas, berbagai tulisan telah melaporkan banyak sekali keadaan ganguan kesehatan yang selama ini diyakini dapat diatasi dengan mengkonsumsi jamur truffle.

25 Ragam Khasiat Dan Manfaat Jamur Truffle Untuk Kesehatan

Jamur Truffle memiliki banyak kandungan lebih dari 200 elemen bahan aktif. Beberapa bahan aktif yang ditemukan adalah :

1. Polisakarida
Berfungsi sebagai anti tumor, berfungsi baik dalam masalah kesehatan sistem saraf, memperbaiki fungsi pancreas, mengurangi kadar gula dalam darah serta mampu mengeluarkan racun dari tubuh dan menguatkan sistem imun tubuh.

2. Adenosi
Berfungsi memperbaiki sistema darah pusat, menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan kandungan lemak, menyeimbangkan metabolism dan menjadikan diri awet muda dan bertenaga, mencegah penggumpalan sel darah merah, serangan jantung dan stoke.

3. Triterpenoid
Berfungsi uuntuk mengurangi kolesterol dan menstabilkan kandungan lemak dalam badan, mengeluarkan toksin atau racun dalam tubuh, mengurangi alergi yang disebabkan oleh antigen.

4. Ganoderik
Senyawa aktif dari jamur yang berkhasiat untuk penyakit-penyakit kulit menghentikan pendarahn dan luka, mencegah proses penuaan.

Khasiat dan Manfaat Jamur Truffle untuk Kesehatan antara lain :

1. Anti diabetes
Telah banyak dibuktikan bahwa gejala-gejala yang muncul akibat diabetes sebenarnya adalah akibat rusaknya pembuluh darah. Menegah atau mengobati diabetes berarti mencegah terjadinya kerusakan pembuluh darah yang juga melancarkan peredaran darah.

2. Anti kolesterol
Kolesterola dapat disebuhkan dengan mengkonsumsi jamur truffle. Hal ini disebabkan jamur truffle kaya lemak HDL dan asam amino yang baik mengatasi penyakit semacam kolesterol.

3. Anti agregasi trombosit
Agregesi atau perlekatan trombosit atau keeping darah merupakan proses fisiologis (normal), tetapi pada keadaan tertentu justru menimbulkan keadaan patologis (tidak normal). Di Cina pemberian jamur ini untuk anti agregesi trombosit efektif hingga mencapai 80%.

4. Antioksidan
Oksidan atau radikal bebas dapat meruasakdinding pembuluh darah sehingga melalui berbagai proses akhirnya dapat mengganggu integritas pembuluh darah. Jamur truffle mengandung antioksidan yang mencegah terjadinya proses perusakan endotel, dan juga mencegah efek perusakan terhadap sel lainnya.

5. Imunomodulator
Dengan jamur truffle keadaan ini bisa dicegah atau di normalkan, termasuk dilindungi dan diperbaiki.

6. Mencegah jantung koroner
Penyakit jantun koroner bisa disembuhkan dengan rajin konsumsi jamur truffle karena jamur ini kaya manfaat yang baik untuk membersihkan saluran darah atau pembuluh arteri pada jantung.

7. Anti Stres
Kandungan gizi dalam jamur truffle melimpah , salah satunya berkhasiat untuk mengontrol perkembangan hormone. Hormone yang dimaksud adalah hormone anti stress.

8. Meningkatkan nafsu makan
Manfaat jamur truffle dipercaya bisa meningkatkan hormone adrenalin yang membuat kita berkeringat dan membuat lapar. 

9. Mencegah Stroke
Dengan mengkonsumsi jamur truffle di percaya bisa mengurangi resiko stroke berat maupun stroke ringan.

10. Meningkatkan Kecerdasan Anak
Jamur truffle dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan otak. IQ bisa meningkat bahkan di atas rata-rata diserta belajar yang rutin.

11. Mencegah kanker
Banyak penelitian mengenai manfaat jamur truffle , salah satunya adalah mencegah kanker usus dan kanker darah.

12. Mengobati bronchitis
Selain mencegah kanker, jamur truffle juga bisa mengobati penyakti bronchitis serta ganguna saluran pernafasan lainnya.

13. Menambah stamina
14. Mengurangi sesak dada
15. Mengurangi pikun
16. Meredakan nyeri dan sakit sendi
17. Meredakan ambeien
18. Mengobati ketulian
19. Mengobati tekanan darah tinggi atau rendah
20. Mengobati kencing manis
21. Mengatasi nyeri lambung
22. Mengobati kelumpuhan
23. Mengobati gangguan ginjal
24. Mengobati gangguan tidur
25. Mengatasi keracunan hati

Seorang ahli pengobatan holistic dan juga ahli herbal Dr. Lim Siow Jin (Malaysia), mengklasifikasikan khasiat jamur truffle dalam 5 kelompok besar :

  1. Pendeteksian penyakit
  2. Pembersihan 
  3. Penyeimbang fungsi tubuh
  4. Pemulihan fungsi
  5. Pemeliharaan

Tumbuhan jamur truffle atau Ganoderma lucidiuim ini tumbuh tanpa perlu benih, pengolahan tanah, penanaman dan pengairan. Tumbuhan ini tidak bisa ditanam dibudidayakan. Ia tumbuh begitu saja.

Semua riset ilmiah menegaskan bahwa setiap upaya budi daya jamur truffle selalu berakhir dengan kegagalan, sehingga ia ditetapkan sebagai karunia dari Allah SWT.

Demikian mengenai manfaat jamur truffle dan ragam khasiat untuk kesehatan. Semoga bermanfaat

Dapatkan Artikel terbaru dari Situs ini melalui e-mail Anda.

Author : Sifatul Nurani Terimakasih telah berkunjung

Artikel 25 Ragam Khasiat Dan Manfaat Jamur Truffle Untuk Kesehatan, diterbitkan oleh Sifatul Nurani pada hari Senin, 18 September 2017. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Sifatul Nurani adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar