Home » , » 11 Ragam Khasiat Dan Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan

11 Ragam Khasiat Dan Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan

RagamKhasiatku – Lada biasa kita temui di dapur, sebagai pelengkap masakan ibu. Lada sendiri memiliki banyak jenis, tapi yang paling populer adalah lada hitam dan lada putih. Pada dasarnya kedua lada tersebut sama, yang berbeda hanya proses pengolahnnya. Beberapa perbedaan yang mencolok antara lada hitam dan putih adalah aroma lada putih lebih kuat dari lada hitam. Lada hitam memiliki wangi yang lebih tajam dari lada putih. Seperti kita tahu, lada ini bersifat panas dan juga hangat.

Di India bagain selatan, lada hitam sudah ditemukan sekitar 2000 tahun yang lalu. Saat ini banyak kita temui ladah hitam di kawasan asia, paling banyak terdapat di Indonesia dan Malaysia. 

Proses pengolahaan lada hitam adalah dengan cara menjemur dan juga mengeringkan buah. Buah yang digunakan adalah buah yang belum matang. Cara mengeringkannya ialah di atas api hingga kulitnya hitam dan keriput. Nah begitulah cara mengolah lada hitam.

Proses pengolahaan lada putih yaitu dengan memetik buah yang hampir matang, lalu di rendam. Tujuan di rendam adalah untuk mempermudah proses pengupasan. Setelah dikupas, lalu di jemur hingga kering.

11 Ragam Khasiat Dan Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan



80% Lada hitam di Indonesia diekspor. Lada hitam umumnya digunakan ibu untuk memasak. Tak jarang kita temukan pada steak. Rasanya sangat enak. Perlu di coba. Dibalik warna hitamnya yang khas , lada hitam ini memiliki ragam khasiat dan manfaat yang baik untuk tubuh kita. Tapi tidak banyak orang yang mengetahui.

Rasa pedas pada lada disebabkan oleh kehadiran alkaloid piperine, chavisine dan peperettine ketika mina pati menghasilkan aroma lada. Kepedasan lada juga dipengaruhi oleh varietas dan lingkungan penanaman lada.

Kandungan Kimia Lada Hitam :

  1. Saponin
  2. Flavonoida
  3. Minyak atsiri
  4. Kavisin
  5. Resin
  6. Zat putih telur
  7. Amilum
  8. Piperiline
  9. Piperoleine
  10. Poperanine
  11. Piperonal
  12. Dihrokarveol
  13. Kanyo fillene oksida
  14. Kariptone
  15. Tran piocarrol
  16. Minyak lada

Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan :

1. Menjadi obat pigmen kulit
Menjadi obat penyakit pigmen kulit  yang disebut vitiligo. Dalam istilah medis vitiligo dikenal sebagai kondisi dimana di sebagian wilayah kulit kehilangan pigmen normal. Sehingga permukaannya berwarna putih. Dengan lada hitam bisa disembuhkan. Hal ini dikarenakan lada memiliki kandungan peperin.

2. Meredakan sakit kepala, sakit perut, sakit sendi
Dalam pengobatan tradisional lada hitam kerap kali digunakan untuk meredakan sakit kepala, perut, dan sakit sendi. Selain itu juga digunakan untuk membuang angin dalam badan.

3. Meredakan sakit bisul
Cara yang sama digunakan untuk meredakan sakit bengkak dan juga bisul

4. Lada hitam menjadi obat kuat laki-laki
Lada hitam yang ditumbuk bersama air dapat menambah kekuatan tenaga laki-laki (menambah stamina)

5. Meredakan diare dan kencing tidak lancar
Air rebusan lada hitam juga berkhasiat untuk meredakan diare serta kencing yang tidak lancar.

6. Mengatasi ketombe
Lada hitam dipercaya bisa mengatasi ketombe karena mengandung antiinflamsi dan antibakteri. Oleh karena itu lada hitam bisa menyingkirkan ketombe.

7. Menurunkan berat badan
lada hitam membantu kita untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenkan lada mengandung fitonutrien yang kuat yang merangsang pemecahan sel lemak

8. Meredakan perut kembung pada bayi
Lada hitam maupun putih ampuh meredakan perut kembut pada bayi. Caranya bungkus lada dengan kain dan dilayukan dengan api. Kemudian digunakan untuk mengompres perut bayi yang kembung.

9. Melancarkan menstruasi
10. Meredakan asma
11. Meringankan rematik

Efek samping lada hitam :

Menyebabkan kematian
Kasus ini langka terjadi. Tapi jika lalai bisa saja terjadi. Lada jangan dikonsumsi langsung, bisa masuk ke paru-paru dan menyebabkan kematian, terutama pada anak-anak. Sehingga disarankan untuk mencampur lada dengan makanan.

Meningkatkan kekeringan pada kulit
Sebaiknya tidak mengkonsumi lada hitam dalam jumlah besar karena berakibat mengeringkan kulit.

Menyebabkan hidung berdarah
Jangan konsumsi lada hitam saat musim panas, bisa meningkatkan panas tubuh dan bisa menyebabkan hidung berdarah

Menyebabkan iritasi
Beberapa kasus asupan lada hitam dapat menyebabkan iritasi kulit, contohnya gatal-gatal dan bengkak

Sulit hamil dan menyusui
Gangguan gastrointestinal pada orang yang sakit pencernaan

Manfaat lada hitam untuk kesehatan memang besar tapi dengan catatan dikonsumsi dengan jumlah yang wajar. Jangan berlebihan. Sesuatu yang berlebihan tidak baik.

Demikian ragam manfaat dan khasiat lada hitam untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Dapatkan Artikel terbaru dari Situs ini melalui e-mail Anda.

Author : Sifatul Nurani Terimakasih telah berkunjung

Artikel 11 Ragam Khasiat Dan Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan, diterbitkan oleh Sifatul Nurani pada hari Rabu, 20 September 2017. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Sifatul Nurani adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar