Home » , » 15 Ragam Khasiat Dan Manfaat Tumbuhan Ceplukan Bagi Kesehatan

15 Ragam Khasiat Dan Manfaat Tumbuhan Ceplukan Bagi Kesehatan

15 Ragam Khasiat Dan Manfaat Tumbuhan Ceplukan Bagi Kesehatan

Ragamkhasiatku - Tumbuhan Ceplukan atau lebih dikenal dengan bentuk buah yang kecil berwarna hijau. Dengan ukurannya yang begitu kecil ternyata buah ini menyimpan banyak sekali manfaat dan khasiat untuk kesehatan, seperti yang anda ketahui bahwa karakteristik pohon ceplukan ini tidaklah teralalu tinggi.

Tumbuhan ini bisa anda tumbuh dimana saja, dengan begitu anda akan mudah menjumpainya. Ciri khas lainnya, dimana buahnya yang tertutupi oleh daunnya. Dan kalau buahnya sudah matang, maka warnanya akan berubah yang awalnya berwarna hijau menjadi warna sedikit kuning.

Menurut para ahli yang mengatakan " buah ceplukan ternyata memiliki banyak sekali kandungan gizi yang begitu lengkap dan bagus untuk kesehatan tubuh anda seperti, alkaloid, tannin, vitamin c, asam malat, asam sitrun, fisalin, kriptoxantin, chlorogenik acid dan gula. Selain untuk obat herbal ternyata, buah ini juga bisa anda jadikan cemilan. 

Nah, buat anda yang penasaran,berikut penjelasan mengenai 16 ragam manfaat dan khasiat tumbuhan ceplukan untuk kesehatan yang harus anda ketahui.

1. Dapat Meredakan Gangguan Kelenjar Getah Bening
Khasiat pertama, buat anda yang pernah mengalami sakit pembekakan kelenjar gatah bening biasanya terjadi karena ada masalah pada sistem kekebalan tubuh.Oleh karena itu, anda bisa mengobati secara herbal dengan menggunakan air rebusan dari daun ceplukan, namun harus diimbangi oleh mengkonsumsi air putih.

2. Sebagai Pencegah Penyakit Diabetes
Dengan kandungan gula alami yang tidak terlalu banyak, sehingga tidak akan membahayakan kondisi kadar gula pada tubuh anda. Dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur, bertujuan untuk mengurangi terjadinya penyakit diabetes.

3. Dapat Mengatasi Sakit Tenggorokan
Manfaat dari buah ceplukan selanjutnya yaitu dapat meredakan sakit tenggorokan, karena buahnya memiliki kandungan gizi dengan fungsi untuk mengurangi sakit akibat radang tenggorokan.

4. Bisa Mengobati Batuk Rejan
Batuk rejan atau lebih dikenal dengan penyakit pertusis yang diakibatkan karena infeksi bakteri yang menyerang paru-paru dan saluran penafasan. Perlu anda ketahui, bahwa penyakit batuk rejan merupakan jenis penyakit menular.Namun, anda tidak perlu khawatir karena anda bisa mencobanya dengan pengobatan herbal dengan mengkonsumsi rebusan buah ceplukan ini.

5. Sebagai Obat Penyakit Bronchitis
Khasiat pada buah ceplukan berikutnya yaitu bisa anda jadikan sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit bronchitis atau radang pada bagian lapisan saluran brounkus. Karena kandungan senyawa pada buah ceplukan sangat bagus untuk pengobati penyakit ini, dengan mengkonsumsi secara rutin.

6. Sebagai Obat Bisul
Bisul adalah penyakit yang awal mulanya terjadi, karena terjadi peradangan pada kulit. Cara mengobati bisul dengan menggunakan buah ceplukan dengan cara, ambil buah ceplukan secukupnya. Kemudian anda haluskan buah tersebut alalu oleskan pada bagian kulit yang terkena peradangan kulit atau bisul.

7. Dapat Mengatasi Gondongan
Penyakit gondongan atau lebih dikenal dengan sebutan parotitis atau mumps dalam dunia medis, bisanya terjadi akibat beberapa faktor. Namun, bisa anda mencoba buah ceplukan untuk dijadikan salah satu obat herbal dengan cara mengkonsumsi buahnya baik secara langsung maupun bisa anda olah menjadi olahan makan.

8. Sebagai Obat Kencing Manis
Manfaat selanjutnya yaitu bisa anda jadikan obat herbal untuk mengatasi penyakit kencing manis. Penyakit yang biasa terjadi kepada siapapun ini, biasanya terjadi karena tidak terjaganya pola makan  dan minum, anda bisa mengobati dengan buah ceplukan yang bisa kamu olah menjadi jus buah agar mudah di konsumsi.

9. Dapat Mengatasi Borok
Tidak hanya sebagai obat dalam, ternyata buah ceplukan juga bisa anda jadikan obat herbal untuk mengobati penyakti kulit. Penyakit borok merupakan salah satu penyakit kulit yang bisa anda sembuhkan dengan mengoleskan buah yang sudah halus ke bagian yang borok.

10. Sebagai Obat Flu
Dimusim yang terkadang hujan kadang panas, dimana kita akan mudah terserang oleh penyakit flu. Disarankan untuk anda mengobatinya secara herbal, dengan mengkonsumsi buah ceplukan ini secara rutin saat sakit flu.

Dari ke 10 manfaat dan khasiat tumbuhan ceplukan bagi kesehatan, berikut beberapa khasiat lainnya dari buah ceplukan mulai dari :
11. Dapat Mengatasi Rematik
12. Sebagai Obat Penyakit Epilepsi
13. Dapat Mencegah Hipertensi
14. Dapat Mengusi Bakteri Jahat Dalam Tubuh
15. Sebagai Daya Tahan Tubuh

Semoga penjelasan diatas mengenai khasiat dan manfaat tumbuhan ceplukan bagi kesehatan bermanfaat untuk anda. Jaga kesehatan anda, karena sehat itu mahal harganya. Mencegah lebih baik dari mengatasi, selamat mencoba.

Dapatkan Artikel terbaru dari Situs ini melalui e-mail Anda.

Author : moba game Terimakasih telah berkunjung

Artikel 15 Ragam Khasiat Dan Manfaat Tumbuhan Ceplukan Bagi Kesehatan, diterbitkan oleh moba game pada hari Senin, 30 Oktober 2017. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. moba game adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar