Home » , » Ragam Manfaat Dan Khasiat Kulit Jeruk Perut Untuk Menghilangkan Jerawat

Ragam Manfaat Dan Khasiat Kulit Jeruk Perut Untuk Menghilangkan Jerawat

Ragam Manfaat Dan Khasiat Kulit Jeruk Perut Untuk Menghilangkan Jerawat

Ragamkhasiatku - Jeruk Perut adalah tumbuhan yang mempunyai tinggi hanya 3-5 meter dengan ranting pohon yang berduri. Akan tetapi tumbuhan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama pada buah dan daunnya. 

Adapun kandungan senyawa yang terdapat pada daun dan kulit buahnya seperti zat tanin, steroid triterpenid, dan minyak asiri yang mengandung sitrat yang sangat baik untuk kesehatan.

Jeruk perut merupakan salah satu buah yang bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap bahan olahan masakan, seperti daunnya yang bisa anda jadikan pelengkap bumbu dapur. Dari berbagai macam jenis jeruk yang ada, namun yang paling terkenal dikalangan masyarakat umumnya adalah jeruk perut.

Dan untuk anda yang sedang mengalami masalah jerawat tidak ada salahnya untuk mencoba pengobatan alami dengan memanfaatkan khasiat dari kulit jeruk perut yang dapat membersihkan minyak pada wajah dan kotoran penyumbat pori. 

Kulit jeruk perut memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat sebagai obat peradangan pada kulit wajah yang mengakibatkan timbulnya jerawat.

Namun, tidak hanya itu saja khasiat yang diberikan oleh si mungil ini. Ada 10 Manfaat dan khasiat kulit jeruk perut untuk kesehatan yang akan kami informasikan kepada anda semua, berikut informasinya.

1. Sebagai Obat Batuk
Batuk merupakan salah satu penyakit yang menular, dimana orang yang terjangkit penyakit ini pasti juga akan disertai dengan flu yang akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada pun cara ampuh untuk mengobati penyakit batuk ini yaitu dengan menggunakan kulit jeruk perut, mengenai cara pengolahannya hampir sama dengan mengolah jeruk perut untuk dijadikan obat flu.

2. Sebagai Obat Influenza
Khasiat berikutnya yaitu sebagai obat flu, dimana penyakit satu ini merupakan penyakit yang sangat tidak enak. Karena akan mengganggu aktivitas kita sehari-hari, namun anda tidak perlu khawatir. Kini anda bisa menyembuhkannya dengan menggunakan kulit jeruk perut. 

Cara membuatnya sangat mudah, langkah pertama ambil jeruk perut kemudian belah menjadi empat tanpa harus mengupas kulitnya. Tambahkan air hangat yang sudah dicampur dengan madu, lalu masukkan buah jeruk yang sudah dipotong sebelumnya. Aduk sampai merata kemudian di minum.

3. Mencegah Rambut Rontok
Rambut rontok diakibat oleh kondisi rambut kering yang bisa disebabkan oleh pemakaian obat kotombe atau bahan yang lainnya. Namun, hal itu bisa anda atasi dengan menggunakan kulit jeruk perut. Caranya sangatlah mudah yaitu gosokkan kulit jeruk perut ini ke bagian kulit kepala anda, selain mencegah rambut rontok ternyata juga bisa melembabkan dan menguatkan akar rambut anda.

4. Mencegah Ketombe
Ketombe merupakan salah satu masalah yang menyebabkan seseorang tidak percaya diri saat tampil di muka umum. Adapun cara ampuh untuk menghilangkan ketombe pada rambut anda yaitu dengan menggunakan kulit jeruk perut yang digosokkan ke kulit kepala anda secara rutin dua kalia dalam seminggu.

5. Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh
Jeruk perut merupakan tumbuhan yang kaya akan kandungan vitamin C, yang bisa menjaga daya tahan tubuh. Untuk anda yang memiliki aktivitas padat setiap harinya, pastinya juga akan menguras banyak energi. Hal tersebut harus segera anda atasi dengan mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin seperti jeruk perut,j eruk lemon, jerukk nipis.

6. Sebagai Pengawet Makanan
Khasit selanjutnya dari jeruk perut adalah kandungan sitrat yang memiliki fungsi sebagai pengawet makanan. Selain itu aroma pada jeruk perut ini cukup sedap sehingga bisa anda jadikan campuran bahan olahan makanan.

7. Sebagai Penambah Rasa Makanan
Bagi anda yang senang menjelajah berbagai macam makanan, pastinya sudah tidak asing lagi jika di beberapa masakan terdapat rasa jeruk perutnya. Selain aromanya yang khas, ternyata kandungan di dalamnya jeruk perut juga bisa menetralkan perut dari rasa panas saat mengkonsumsi makanan yang pedas.

8. Bisa Menenangkan Pikiran
Manfaat dari kulit jeruk perut yaitu bisa menanangkan pikiran, orang yang memiliki aktivitas yang sangat padat sehingga membuat pikiran menjadi kacau. Hal tersebut bisa anda atasi dengan cara bersantai dengan melepas semua beban sambil ditemani secangkir teh jeruk perut. Cara pembuatannya yaitu buat secangkir teh lali campur dengan irisan kulit jeruk perut kemudian di aduk sampai merata. Aroma yang berpadu dengan efek kafein tersebut bisa menangkan pikiran sehingga akan membuat kondisi anda lebih rileks setelah mengkonsumsinya.

9. Sebagai Obat Kulit Kering
Kulit kering yang diakibatkan karena kondisi kulit yang tidak lembab, hal tersebut selalu terjadi bagi anda yang hidup di daerah tropis. Untuk mengatasi kulit selalu lembab yaitu dengan menfaatkan kandungan dari kulit jeruk  yang bisa menjaga kulit anda tetap lembab dan halus. Caranya yaitu oleskan kulit jeruk perut pada bagian kulit yang kering secara rutin, hasilnya akan terlihat beberapa hari kemudian.

10. Sebagai Lulur Tubuh
Kulit Jeruk Perut selain bisa mengatasi kulit kering atau pecah-pecah. Ternyata juga bisa sebagai lulur tubuh yang akan menjadikan kulit anda menjadi cerah dan halus, caranya yaitu ambil daun kemuning dan temu giring secukupnya. Kemudian campur jadi satu bahan tersebut dengan kulit jeruk perut. Lalu, haluskan ketiganya yang kemudian dicampur dengan beras yang direndam air sebelumnya. Lakukan hal tersebut satu bulan satu kali. Catatan jangan terlalu sering karena akan membuat membuat kulit iritasi.

Itulah 10 Ragam Manfaat Dan Khasiat Kulit Jeruk Perut Untuk Kesehatan, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kita semua dalam dunia pengobatan herbal. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, selamat mencoba.

Dapatkan Artikel terbaru dari Situs ini melalui e-mail Anda.

Author : moba game Terimakasih telah berkunjung

Artikel Ragam Manfaat Dan Khasiat Kulit Jeruk Perut Untuk Menghilangkan Jerawat, diterbitkan oleh moba game pada hari Selasa, 07 November 2017. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. moba game adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar