Home » , » 14 Ragam Khasiat Dan Manfaat Inai (Pacar Jawa) Untuk Kesehatan

14 Ragam Khasiat Dan Manfaat Inai (Pacar Jawa) Untuk Kesehatan

RagamKhasiatku - Inai atau pacar jawa merupakan tanaman yang umum dikalangan anak kecil di desa. Biasanya mereka menggunakan daun inai untuk mewarnai kuku, dan rambut. Tidak banyak orang tau mengenai manfaat inai untuk kesehatan. Rupanya inai sudah digunakan sejak dahulu kala sebagai obat. Banyak di manfaatkan terutama bagian daunnya. Tumbuhan inai memiliki bunga kecil warna kream juga memiliki buah kecil berwarna hitam. Selain digunakan untuk pengobatan, inai juga digunakan untuk minyak wangi.

Selain digunakan untuk mewarnai kuku dan rambut, daun inai juga bisa dimanfaatkan sebagai pewarna baju alami. Daun inai berwarna hijau dengan bintik hitam menandakan bahwa daun ini sudah tua. Semakin banyak bintik maka semakin merah pula.

14 Ragam Khasiat Dan Manfaat Inai (Pacar Jawa) Untuk Kesehatan

Tumbuhan ini suka dengan kelembapan. Dengan air yang cukup baik. Bisa bertahan dalam keadaan sedikit air atau kering tapi tidak tahan lama. Semua tumbuhan butuh air untu hidup dan bertahan hidup. Siapa mengira tumbuhan yang mempunyai sebutan nama lokal pacar jawa ini menyimpan khasiat yang luar biasa. Hal ini dikarena tinggi nya kandungan kimia pada daun dan biji inai seperti : 
  1. Bahan pewarna alami glukosid dan henotanik.
  2. Behenik
  3. Arasidik
  4. Sterik
  5. Palmitik
  6. Asam Oleik
  7. Linoleik
Asam henotatik membuat kulit yang terkena inai akan berwarna merah. Kolagen pada kulit akan bergabung dengan asam henotatik ini.Tidak hanya untuk mewarnai rambut, kuku, pakaian, daun inai memiliki ragam khasiat untuk kesehatan seperti :

1. Menyembuhkan luka dan kudis
Sejak dulu orang cina dan melayu percaya untuk menyembuhkan luka dan kudis dengan menggunakan pacar jawa ini. Caranya mudah yaitu dengacn cara membersihkan daun inai, menumbuk dan tempelkan pada bagian yang terkena luka dan kudis.

2. Menyembuhkan sakit perut
Selain bisa menyembuhkan luka dan kudis, orang melayu juga menggunakan air daun inai untuk menyembuhkan sakit perut. Yaitu dengan cara mencincang daun inai, kemudian merebusnya dengan air. Jika telah masak, saring dan minum airnya sebagai obat sakit perut.

3. Menyembuhkan luka saat berkhitan
Daun ini juga bisa digunakan sebagai serbuk dan mampu menyembuhkan luka saat berkhitan, bisul, nyeri tulang dan penyakit kulit lainnya.

4. Menyembuhkan sakit lambung
Berkumur dengan air daun inai dipercaya bisa menolong menyembuhkan sakit lambung.

5. Merawat kebotakan
Manfaat selanjutnya adalah merawat kebotakan. Caranya mudah dan simple yaitu merebus daun inai dengan minyak biji sawi. Usapkan pada rambut yang mengalami kebotakan.

6. Mencegah pendarahan
Daun inai bisa mencegah pendarahan . Hal ini dikarenakan daun inai mengandung bahan astrigen yang bisa mengecilkan jaringan organik.

7. Mengatasi haid dan keputihan
Haid dan keputihan terjadi pada wanita. Jika haid dan keputihan yang berlebihan bisa berakibat fatal. Bagi wanita yang mengalami kondisi yang demikian, bisa menggunakan daun inai. Selain bisa mengatasi haid keputihan yang berlebihan , daun inai juga bisa dijus diminum untuk merawat ejakulasi dini.

8. Merawat penyakit hati
Kulit daun inai berfungsi untuk merawat penyakit hati yang membengkak. Selain itu daun inai bermanfaat sebagai obat diare, 

9. Mengatasi sakit kepala
Caranya cukup mudah dan cepat yaitu bunga inai di campur dengan cuka dan aplikasikan pada kepala.

10. Merawat bisul
Semua bagian pada tumbuhan inai bisa dimanfaaatkan begitu juga dengan akar pohon inai, bisa merawat bisul.

11. Menjaga kesehatan usus
Daun inai dipercaya bisa meningkatkan perlindungan dan menyehatkan organ pencernaan seperti usus.

12. Menyuburkan kandungan
Daun inai mengandung vitamin E yang bisa meningkatkan atau memperbesar kemungkinan hamil. Daun inai kaya akan kandungan nutrisi.

13. Mencegah kista rahim
Glikosida dalam daun inai mempunyai senyawa yang mampu menjadi sel anti tumor dan anti kanker. 

14. Mencegah Keguguran
Vitamin E berfungsi menguatkan rahim. Dengan demikian akan memperkecil resiko keguguran.

Tanpa disadari banyak tanaman disekitar kita yang memiliki ragam khasiat untuk kesehatan. Banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan herbal dari kategori ringan hingga berat. Itulah ragam khasiat pohon inai untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Dapatkan Artikel terbaru dari Situs ini melalui e-mail Anda.

Author : Sifatul Nurani Terimakasih telah berkunjung

Artikel 14 Ragam Khasiat Dan Manfaat Inai (Pacar Jawa) Untuk Kesehatan, diterbitkan oleh Sifatul Nurani pada hari Senin, 25 September 2017. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Sifatul Nurani adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar