Home » , » 25 Ragam Khasiat Dan Manfaat Seledri Untuk Kesehatan

25 Ragam Khasiat Dan Manfaat Seledri Untuk Kesehatan

RagamKhasiatku - Seledri merupakan sayuran daun dan termasuk tumbuhan obat. Sejak ribuan tahun seledri digunakan sebagai pengobatan dan penyedap masakan. Sering kali kita menjumpai seledri pada bakso dan sup. Semua bagian pada seledri bisa digunakan.

Rebusan daun seledri telah dipercaya sebagai obat tradisional sejak dahulu. Banyak orang tidak tahu bahwa rebusan seledri ini bermanfaat untuk kesehatan.

Ragam Khasiat Dan Manfaat Seledri Untuk Kesehatan


Ada 3 jenis seledri yaitu seledri daun, potongan dan berumbu. Tumbuhan ini bisa hidup mudah di dataran tinggi maupun dataran rendah. Seledri hidup di daerah tropis

Kandungan Nutrisi Seledri :

  1. Serat non larut
  2. 16 kalori per 100 g
  3. Antioksidan flavonoid
  4. vitamin A
  5. Asam folat 
  6. Riboflavin
  7. Niasin
  8. Vitamin C
  9. Minyak Atsiri
  10. Vitamin B1
  11. Vitamin B6
  12. Selenium
  13. Magnesium
  14. Kalsium 

Manfaat Seledri Untuk Kesehatan :

1. Menghilangkan jerawat
Jerawat ini ada karena kelebihan hormon. Selain itu adanya lingkungan yang kurang bersih juga merupakan salah satu faktor munculnya jerawat. Rebusan air seledri mampu menghilangkan flek hitam dan jerawat.

2. Mengobati Mata kering
Seledri juga dipercaya bisa mengobati mata kering. Mata kering ini menimbulkan gatal. Jika dibiarkan maka akan berbahaya.

3. Mengobati rematik
Pemicu penyakit rematik adalah asam urat. Asam urat yang menumpuk pada sendi bisa mengkristal dan menjadikan tubuh sulit untuk bergerak. Seledri bisa mengobati rematik

4. Mengatasi kulit berminyak
Minyak ada karena hormon yang berlebih. Terutama pada remaja. Masalah ini juga bisa diatasi dengan rebusan air seledri

5. Sebagai obat anemia
Anemia bisa disebuhkan dengan rebusan daun seledri. Akibat dari anemia ini bisa menyebabkan sakit kepala setiap saat dan sangat menggangu aktivitas.

6. Dapat menurunkan berat bada
Hal ini dikarenakan seledri merupakan tanaman herbal yang rendah kalori. selain bisa menurunkan berat badan juga bisa mengontrol kolesterol dalam darah.

7. Mencegah Kanker
Seledri kaya akan anti oksidan flavonoid seperti zea xanthin, lutein dan beta karoten. Adanya zat yang demikian seledri bisa mencegah kanker.

8. Menjaga agar kulit tetap awet muda
Vitamin A, B , C dan folat yang ada di dalam rebusan seledri dipercaya mampu membuat kulit kencang dan terlihat lebih muda. Vitamin dalam seledri mengandung kolagen yang fungsinya menjaga , melindungi, dan melembabkan kulit.

9. Menghilangkan racun dalam tubuh
Hal ini dikarena seledri memiliki sumber yang kaya dengan anti oksidan. Anti oksidan ini berfungsi untuk menghilangkan dalam tubuh.

10. Mempercepat penyembuhan luka
Vitamin K membantu tubuh menggunakan kalsium sehingga penting untuk tulang dan gigi. Vitamin K mendukung pembekuan darah sehingga penting untuk mempercepat penyembuhan luka.

11. Melancarkan BAB
12. Melancarkan proses pencernaan
13. Mencegah kanker usus
14. Melebatkan rambut
15. Menghitamkan rambut
16. Mencegah ketombe
17. Mencegah kebotakan
18. Menutrisi rambut
19. Memelihara kesehatan gigi
20. Mengatur keseimbangan asam basa
21. Menjaga aktivitas jantung tetap sehat
22. Menenangkan saraf
23. Mencegah sembelit
24. Meningkatkan sistem imun
25. Mengembalikan Nafsu Makan

Nah itulah 25 manfaat seledri untuk kesehatan. Jaga baik-baik kesehatan. Kita akan merasa sehat itu berharga saat merasakan sakit. Semoga bermanfaat. Temukan beragam manfaat dan khasiat lainya dalam blog ini.

Dapatkan Artikel terbaru dari Situs ini melalui e-mail Anda.

Author : Sifatul Nurani Terimakasih telah berkunjung

Artikel 25 Ragam Khasiat Dan Manfaat Seledri Untuk Kesehatan, diterbitkan oleh Sifatul Nurani pada hari Kamis, 21 September 2017. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Sifatul Nurani adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar